9 Cara Menjaga Kehamilan Agar Tetap Sehat

cara menjaga kehamilan

Cara Menjaga Kehamilan – Masa kehamilan merupakan masa-masa membahagiakan bagi sepasang suami istri. Tapi juga bisa dikatakan masa dengan penuh ketegangan atau hambatan saat Anda beraktivitas.

Anda harus berhati-hati dalam menjaga kehamilan, hindari hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa menyebabkan keguguran. Fase ini membutuhkan pendampingan yang intensif agar kehamilan Anda tetap sehat.

cara menjaga kehamilan

Pada masa kehamilan selalu membawa perubahan baik pola makan, aktivitas bahkan bentuk tubuh. Dengan berbagai perubahan yang dialami, sebaiknya ditanggapi dengan serius dan tepat untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat. Wanita hamil perlu dukungan moril dan semangat dari suami atau dari orang-orang yang berada disekelilingnya.

Wanita hamil perlu perhatian khusus, Anda harus bisa menjaga perasaannya agar tetap bahagia, ciptakan suasana yang rileks, dan nyaman didalam lingkungan atau dilingkungan sekitar. Itu semua menjadi tanggung jawab seorang suami atau orang disekitarnya untuk membuatnya tetap bahagia dan selalu sehat selama mengandung.

Bagaimana Cara Menjaga Kehamilan?

Banyak hal yang bisa dilakukan ibu hamil untuk selalu menjaga kehamilannya. Berikut ini 9 cara menjaga kehamilan agar janin Anda selalu sehat.

1. Pola Makan

Pola makan untuk ibu hamil perlu diperhatikan, berikan asupan gizi dan nutrisi untuk kesehatan janin. Hal itu dikarenakan makanan yang dimakan ibu hamil tidak untuk dirinya sendiri melainkan untuk janinnya juga. Hindari makanan yang mengandung lemak, banyak serat, gula dan lainnya.

2. Gaya Hidup sehat

Gaya hidup yang sehat mulai Anda terapkan sejak hamil muda, gaya hidup sehat yang wajib Anda lakukan antara lain hindari bahaya merokok saat hamil, hindari asap rokok, Jauhi alkohol, hindari obat-obatan generik dan hindari obat-obatan terlarang (narkotika).

3. Manjakan diri jangan sampai stres

Sudah banyak penelitian menyebutkan bahwa ibu hamil yang gembira akan menularkan perasaan moody-nya itu kepada janin di dalam kandungannya. Hindari hal-hal yang menyebabkan stres, depresi, ataupun gelisah.

Apabila Anda merasa tegang, gelisah dan ada tekanan perasaan lain, maka detak jantung akan berdegup kencang dan akan didengar oleh janin. Resiko dari ibu hamil yang stres akan melahirkan bayi premature, bayi akan memiliki berat badan yang kurang dari standar, yang paling berbahaya, bayi akan keguguran.

4. Kurangi kadar garam & Asupan gula

Perlu Anda ketahui makanan yang terlalu banyak garam akan berdampak buruk bagi kondisi tubuh Anda, bukan hanya itu dapat menyebabkan hipertensi dan penyerapan zat besi dibutuhkan oleh janin dan ibu hamil itu sendiri. Selain itu, Hindari makanan atau minuman yang mengandung banyak gula.

Apabila Anda mengkonsumsi gula dengan porsi yang terlalu bayak bisa membuat tubuh cepat lelah, dengan begitu Anda pasti ingin makan makanan dengan kandungan gula yang lebih banyak lagi. Akibatnya, kebutuhan insulin akan meningkat dan ini tidak baik untuk pankreas dalam tubuh dan mengganggu pertumbuhan janin Anda.

5. Olahraga

Olahraga sangat penting dalam menyegarkan kondisi tubuh Anda dan janin Anda, serta mampu memperlancar saat proses persalinan dan juga membantu mempercepat proses penyembuhan. Namun jangan melakukan olahraga yang berat. Olahraga berat tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Ibu hamil memiliki olahraga sendiri seperti yoga dan senam ibu hamil.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba teknik relaksasi yang aman selama kehamilan, seperti peregangan, pernapasan dalam, yoga, atau pijat. Namun selalu diskusikan terlebih dahulu dengan dokter dan beri tahu guru olahraga jika Anda sedang hamil atau memilih kelas khusus wanita hamil.

6. Beristirahat cukup

Bagi ibu hamil yang merasakan mual dan pusing sebaiknya beristirahat dengan tidur cukup agar rasa mual dan pusing hilang. Selain itu, istirahat yang cukup bisa membuat badan lebih segar dan janin yang masih berkembang terjaga kesehatannya.

Jika tidak bisa tidur di malam hari, cobalah untuk sekejap tidur siang atau sekedar angkat kaki ke kursi dan bersantai selama 30 menit. Jika sakit punggung mengganggu tidur Anda, cobalah tidur miring dengan lutut ditekuk. Meletakkan bantal di bawah perut dapat membantu meringankan punggung yang tegang atau sakit.

7. Menghindari aktivitas berat

Saat hamil jangan mengangkat beban berat dan terlalu capek. Terlalu capek dan aktivitas berat membuat otot rahim kencang. Dampak dari aktivtas berat yang akan diterima oleh wanita yang hamilpun sudah banyak yang tahu, salah satunya adalah keguguran.

8. Kurangi berhubungan seksual

Kurangi frekuensi berhubungan seksual. Saat hamil frekuensi ketika berhubungan intim jangan sesering seperti sebelum kehamilan. Hal ini akan membuat keguguran secara spontan bagi ibu hamil. Kelelahan saat berhubungan intim juga bisa menyebabkan keguguran. Oleh itu bagi ibu hamil muda dianjurkan untuk berhubungan intim dalam tempo yang tidak terlalu lama.

9. Konsultasi dengan dokter kandungan secara rutin

Lakukan pemeriksaan pada bidan atau dokter kandungan secara teratur. Kunjungan pertama, umumnya seputar kesehatan ibu hamil dan menentukan usia kehamilan. Jika kondisi kandungan yang lemah atau kelainan rahim segeralah periksa ke dokter perihal kondisi kandungannya agar tidak keguguran. Pemeriksaan ini bisa menyertakan USG di dalamnya.

Selain 9 cara menjaga kehamilan yang sudah dijelaskan diatas, saya menyarankan Anda untuk menggunakan terapi musik untuk ibu hamil, terapi ini bekerja memberikan stimulasi pada ibu hamil dan janin, agar janin tetap sehat dan selalu terjaga saat masa kehamilan.

Terapi Musik untuk Ibu Hamil dan Janin

Kami dewantara brainwork telah menciptakan Audio Terapi Gelombang Otak “Pregnant Music Therapy dan Smart Baby Music” yang bermanfaat bagi ibu hamil dan janin.

Pregnant Music Therapy sendiri merupakan Terapi Gelombang Otak yang diciptakan khusus untuk ibu hamil dan janin. Audio ini mampu memberikan stimulasi pada janin, dan otak bayi agar sehat, cerdas, kreatif, memiliki tingkat emosional yang baik dan juga merangsang pertumbuhan sel otak dengan baik.

Sedangkan Smart Baby Music merupakan Audio Terapi Gelombang Otak yang diciptakan khusus untuk bayi. Terapi ini mampu memberikan stimulasi pada otak bayi yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi.

Nah itulah 9 cara menjaga kehamilan dan terapi musik untuk ibu hamil dan janin. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai musik ibu hamil, silahkan baca di Terapi untuk Ibu Hamil dan Janin.