Inilah 7 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

makanan sehat ibu hamil

Makanan Sehat Ibu Hamil – Menjaga kesehatan saat sedang hamil memang keharusan yang Anda lakukan. Jangan sampai Anda dan bayi Anda tidak sehat karena Anda kurang menjaga kesahatan Anda.

Banyak cara untuk menjaga kehamilan, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan sehat. Makanan ini setidaknya mengandung gizi dan nutrisi. Selain itu pola makan yang teratur juga harus Anda perhatikan untuk menjaga kehamilan dan kesehatan janin Anda.

makanan sehat ibu hamil

Wanita hamil identik dengan nyidam, mual, dan berut besar. Segala bentuk perubahan akan Anda alami saat masa-masa kehamilan. Termasuk banyak makan, Anda harus berhati-hati dalam memilih makanan untuk kesehatan Anda dan Janin Anda.

Konsumsilah makanan dalam porsi yang sedikit, tapi dengan intensitas yang lebih sering. Asupan makanan yang sehat sangat diperlukan oleh ibu hamil dikarenakan pada usia ini rentan mengalami keguguran.

Apa Saja Makanan Sehat Ibu Hamil?

Perkembangan dan kesehatan bayi dalam kandungan Anda bergantung kepada nutrisi yang Anda konsumsi saat sedang hamil. Maka dari itu, konsumsilah makanan sehat yang cukup mengandung nutrisi. Berikut ini beberapa makanan atau minuman yang tepat untuk ibu hamil.

1. Buah dan sayuran

Buah dan sayuran merupakan makanan sehat untuk ibu hamil. Disarankan untuk mengonsumsi setidaknya lima porsi sayur-sayuran dan buah-buahan berbeda tiap hari untuk mendapatkan aneka vitamin, mineral, serta serat. Jenis buah-buahan dan sayuran antara lain apel, pisang, jeruk, brokoli, wortel, sayuran hijau, dan lain-lain.

2. Ikan

Ikan termasuk makanan sehat yang bisa Anda konsumsi. Berikut ini jenis ikan yang bisa Anda konsumsi untuk kesehatan Anda dan janin Anda:

  • Tuna, 3 potong atau 300 gram perminggu. Kaya omega 3 yang penting untuk pembentukan otak janin.
  • Salmon, 40 gram atau 1 potong. Selain omega 3, ikan salmon juga mengandung DHA yang penting untuk perkembangan otak janin.

Perlu Anda ketahui, Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi ikan mentah untuk menghindari kontaminasi bakteri. Boga bahari (makanan laut) yang sudah tidak segar juga berisiko mengandung bakteri dan parasit yang dapat memicu keracunan.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat kaya akan kalsium, yang biasanya didapat dari produk olahan susu. Dianjurkan untuk mengonsumsi satu cangkir kacang-kacangan per hari selama ibu dalam periode hamil.

Makanan jenis kacang-kacangan bermanfaat untuk mengembangan sistem saraf pada bayi dan berguna bagi energi dan kekebalan tubuh ibu hamil muda. Anda bisa konsumsi kacang hijau yang akan kandungan asam folat dan vitamin B.

4. Susu

Kandungan yang terdapat di dalam susu dapat membantu Anda dalam mendukung pertumbuhan jaringan baru dan pembentukan tulang pada bayi.Pilihan susu yang rendah lemak, Anda bisa konsumsi susu kedelai.

5. Daging tanpa lemak

Jika Anda mengkonsumsi daging, silahkan pilih daging yang tanpa lemak. Makanan yang banyak mengandung lemak tidak baik untuk kesehatan bayi dan ibu hamil. Berikut beberapa daging yang bisa Anda konsumsi selama masa kehamilan:

  • Daging ayam, 1 potong, tanpa kulit, terutama pada bagian dada yang rendah lemak dan kolesterol. Berperan penting dalam pembentukan janin, otot, dan kelancaran metabolisme tubuh.
  • Daging sapi, 35 gram atau 1 potong. Kaya dengan kandungan protein untuk pembentukan struktur tulang, sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko bayi mengalami kelahiran prematur.

Konsumsilah daging tersebut secukupnya, pilih daging yang masih bagus, agar tidak membahayakan bayi.

6. Makanan sumber karbohidrat

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat sangat membantu kondisi tubuh ibu hamil agar tetap sehat dan penting untuk pertumbuhan janin. Makanan sumber karbohidrat antara lain kentang, sereal, dan oatmeal. Karbohidrat juga bisa didapatkan dari aneka pasta, jagung, roti, tahu, dan tempe.

7. Suplemen

Meski sudah mengonsumsi berbagai jenis makanan, mungkin saja Anda butuh suplemen untuk menjaga kesehatan Anda. Suplemen sangat penting untuk kesehatan ibu hamil. Suplemen yang baik haruslah mengandung banyak vitamin. Jika Anda bingung suplemen apa yang tepat untuk ibu hamil silahkan konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan suplemen yang sesuai dengan kebutuhan kandungan Anda.

Selain makanan sehat ibu hamil yang sudah dijelaskan diatas, Anda bisa menggabungkan makanan tersebut dengan melakukan terapi. Terapi ini mengunakan musik yang diciptakan khusus untuk ibu hamil.

Terapi ini bekerja memberikan stimulasi pada ibu hamil dan janin, agar janin tetap sehat dan selalu terjaga saat masa kehamilan. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai musik ibu hamil, silahkan baca di Terapi untuk Ibu Hamil dan Janin.